Pandai memilih kata

Usia-usia awal sekolah tentu buat kebanyakan anak-anak menjadi masa yang menyenangkan. Mereka mendapatkan banyak teman baru yang mungkin tidak didapatkan di lingkungan rumahnya. Tentu tidak semua anak mendapat kesan demikian di sekolah mereka. Tetapi setidaknya ada dunia baru yang mereka bisa selami dibanding hanya berkutat di lingkungan rumah saja.
Buat para orang tua yang mendapati anaknya termasuk kelompok yang girang dengan sekolah mereka tentu memiliki pengalaman unik saat sekali waktu anak dalam kondisi yang tidak tepat untuk masuk sekolah. Salah satu kondisi itu adalah ketika Alloh memberikan cobaan bagi mereka dengan sakit yang dideritanya. Melihat si kecil bersemangat dengan persiapan sekolahnya sementara batuk tak berhenti menerpa mestinya membuat orang tua berfikir untuk mendekati buah hatinya demi kebaikan bersama. Ya, batuk bisa jadi malapetaka ketika tidak diatasi dengan baik. Kondisi yang satu ini tidak saja membuat si penderita merasakan gangguan pada kesehariannya tetapi juga berpeluang untuk menjadi pembawa bakal bibit penyakit bagi teman seusianya.
Bukan hal yang bijak tentunya jika niat orang tua menyelamatkan si kecil dari bahaya disampaikan dengan cara yang terkesan otoriter. Kalimat seperti “ade hari ini gak usah sekolah yah kan lagi batuk, nanti bisa nularin temen-temen di sekolah lho” seharusnya tidak menjadi kalimat pilihan yang dilontarkan ke anak-anak. Lebih cermat memilih kata-kata bukan hanya membuat si anak jadi lebih mengerti akan makna sebuah keputusan tetapi jauh dari itu, si anak akan lebih memahami bahwa orang tua mereka bersikap demikian adalah atas dasar kasih sayangnya. Mungkin salah satu kalimat yang bisa dipilih adalah seperti ini “ade hari ini gimana rasanya? Kalau nanti belajar, ade seneng gak waktu menulis tiba-tiba berhenti karena batuk ade terus-terusan?”
Saya yakin ayah dan bunda di rumah punya segudang pilihan kata-kata yang terbaik untuk buah hatinya. Pastinya, lebih pandai memilih kata akan jadi kebaikan untuk semua. InsyaAlloh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s