About si sulung

Pekan ini dirumah sedang disibukkan oleh diskusi antara saya, si sulung dan ibunya. Bulan kemarin si sulung genap berusia 12 tahun. Belum lama dari itu si sulung baru saja menyelesaikan pendidikan tingkat dasar di MI Darul Hikmah. Alhamdulillah bisa dilewati dengan sukses.
Perbincangan kami akhir-akhir ini didominasi tentang pendidikan lanjutan untuk si sulung. Saya sendiri lebih condong memilih homeschooling sebagai alternatif. Meskipun sempat luluh ketika si sulung memaksa untuk memondokkan diri di Mahad Dhiyaussunnah. Jadi memang si sulung sempat saya antar ke tempat pemondokkan. Tidak jauh dari rumah memang. Tapi dari informasi awal sebetulnya saya tidak terlalu merekomendasikan tempat ini. Pilihan tempat lain sayangnya belum disetujui oleh pengampu tempat karena si sulung usianya masih cukup belia.
Selama di mahad, saya berkesempatan menjenguk si sulung setiap hari. Biasanya bertepatan dengan waktu maghrib. Setiap saya menjenguk, beberapa kali saya tawarkan si sulung untuk berpikir ulang apakah mantap meneruskan pendidikan disini. Cukup kaget saya ketika setelah semalam bermalam disana, saya dapati muka si sulung tidak secerah biasanya plus ada ujud venenata disana. Si sulung sempat dibesarkan hatinya oleh senior disana bahwa katanya kalau sudah begitu artinya sudah diterima di tempat ini. Saya hanya senyum mendengar kalimat ini.
Sampai hari kelima akhirnya si sulung menyerah. Setuju kembali ke rumah dan sementara waktu menjalani homeschooling. Maka mulailah tiga hari ini si sulung belajar bersama umminya. Keceriaannya muncul lagi tidak seperti di pondok yang lebih banyak murung. Sampai pagi ini, si sulung menanyakan kemungkinan mondok di lain tempat. Saya menyarankan untuk berpikir lebih banyak agar tidak terulang lagi kejadian seperti beberapa hari lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s